Sering Tiba-Tiba Kena Migrain, Coba 6 Cara Meredakannya!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis
Rabu 01 Maret 2023 21:06 WIB
Kena migrain (Foto: Pinterest)
Share :

KENA migrain saat sedang bekerja rasanya bikin gak nyaman. Kepala rasanya sakit berdenyut-denyut.

Jika Anda menderita migrain, Anda tahu betapa menyakitkan kondisinya, serta betapa sulitnya menghilangkan sakit kepala migrain. Kuncinya adalah mencegah dan penanganan dini saat migrain menyerang merupakan kunci untuk menjaga agar kondisi tetap terkendali.

 

Berikut adalah 6 cara yang dapat Anda coba untuk membantu mengobati migrain lebih awal dan menjaganya agar tidak bertambah parah yang dilansir dari Healthline.

 

1. Kompres dingin

Menggunakan kompres dingin dapat membantu ketika mengalami migrain. Terapi dingin telah digunakan untuk mengobati migrain selama lebih dari 100 tahun, tetapi hanya ada sedikit penelitian ilmiah yang menunjukkan mengapa terapi dingin dapat membantu meredakan nyeri bagi sebagian orang.

Beberapa teori menyatakan bahwa terapi dingin dapat membantu menyempitkan pembuluh darah atau memperlambat sinyal saraf yang terkait dengan nyeri migrain.

Bahkan penelitian terbaru belum menunjukkan dengan tepat bagaimana suhu dingin dapat membantu meredakan nyeri migrain.

Beberapa orang menemukan bahwa kompres es yang dioleskan ke kepala memberikan kelegaan yang menenangkan. Hal ini tentu sangat membantu ketika matahari atau panas menyebabkan migrain.

2. Temukan tempat yang tenang dan gelap untuk bersantai

Sensitivitas terhadap cahaya dan suara adalah salah satu gejala migrain yang paling umum. Coba untuk jauhi hal-hal ini jika Anda bisa. Dengan melakukannya dapat membantu Anda menemukan kelegaan dari rasa sakit dan dapat mengurangi stres.

Berbaringlah dan perhatikan pernapasan Anda. Cobalah mengambil napas dalam dan lambat dari diafragma. Rasakan perut naik saat menarik napas dan turun saat menghembuskan napas. Melakukan hal ini dapat membantu Anda rileks.

3. Hidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan bahkan migrain, tetapi penelitian baru menunjukkan hidrasi dapat mengurangi dan bahkan mencegah sakit kepala.

Dalam studi tersebut, orang yang meminum asupan air harian yang direkomendasikan mengalami sakit kepala yang:

-Jarang

-Tidak parah

-Durasinya lebih singkat

Jika Anda tidak minum cukup air secara teratur, meningkatkan asupan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit migrain dan mencegah serangan yang berulang.

Halaman:
Share :
Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita Women lainnya